Rabu, 13 Oktober 2010

Pengantar Komputer & TI 1A

MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Di zaman yang sudah serba canggih kini, kata komputer sangatlah tidak lagi asing, apalagi bagi seorang yang sedang menjalani pendidikan, baik itu anak sekolahan ataupun mahasiswa sekalipun. Komputer seakan menjadi barang pokok yang harus sedia setiap saat. Dan bagi para pengajar dalam dunia pendidikan, komputer juga sangatlah berpengaruh. Kali ini saya akan membahas, betapa sangat berjasanya komputer dalam bidang pendidikan, bagi anak sekolah, mahasiswa, para pengajar ataupun orang-orang yang terlibat dalan dunia pendidikan.

Bagi anak sekolah di zaman sekarang, anak taman kanak-kanak saja sudah mulai mempelajari apa itu komputer. Di taman kanak-kanak, komputer digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran yang interaktif, dan juga bisa bersifat audiovisual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri. Komputer juga memberikan kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran secara efektif dan efisien yaitu dengan adanya perpustakan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Dan untuk kalangan sekolah dasar, komputer berguna untuk mengerjakan tugas-tugas tertulis yang diberikan oleh guru.

Untuk di kalangan sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas maupun universitas, komputer berfungsi sebagai paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlu jauh-jauh pergi kesekolah tetapi hanya dengan fasilitas internet di rumah akan bisa berhadapan langsung dengan gurunnya. Komputer juga di gunakan sebagai alat presentasi, dan sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas.

Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Dan bagi pengajar, komputer digunakan sebagai media untuk memberikan materi, ataupun tugas yang di upload lewat internet.

Dari sedikit penjelasan di atas, sudah dapat disimpukan bahwa komputer merupakan salah satu barang yang sangat berpengaruh dan berjasa dalam dunia pendidikan. Tidak hanya dalam dunia pendidikan, dalam bidang lain pun komputer dapat di manfaatkan, tergantung bagaimana cara kita menggunakannya saja.


Nama : Muthia Nurul Karina
NPM : 24210875
Kelas : 1EB17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar